Ada

Singkat cerita, aku adalah seorang muslim dari lahir. Orang tua ku menerapkan ajaran Islam semenjak aku kecil. Kini aku sudah beranjak dewasa dan alhamdulillah, masih seorang muslim. Namun ada suatu hari dimana aku menanyakan tentang agama ku sendiri. Lebih tepatnya bukan menanyakan, hanya saja aku merasa kurang yakin. Ya, aku sudah mengenakan kerudung sejak duduk di bangku 1 SMP. Namun bukan berarti aku seseorang yang mahir dalam ilmu agama. Awalnya karena suruhan, semakin dijalani semakin nyaman diri ini mengenakan kerudung. Beranjak ke SMA hingga kuliah saat ini. Di Indonesia, aku tidak merasakan bahwa kerudung itu sebuah pelindung diri ini. Kerudung semata mata hanyalah trend fashion masa kini. Detik ini, aku menginjakan kaki di sebuah negara dimana populasi muslim adalah minoritas. Aku berpikir, akan kah kerudung menjadi pelindung ku? Dan jawaban nya iya. Aku merasakaan kekuatan yang diberikan oleh kerudung padaku. Bukan hanya kerudung, sajadah & mukena serta Al-Quran pun menjadi pelindungku disaat merantau seperti ini. Kadang ku terdiam dalam kesepian, melihat daun pepohonan dibalik jendela yang tengah bergugur nan rapuh. Ku baca ayat suci Allah Swt. untuk mengisi waktu kosong ku dan menghidupkan suasana kamar ku. Tak kusangka ayat suci yang ku baca menjadi pelindung dan penguat mental ku. Disaat aku terjatuh, aku bertanya padaNya, "apa yang harus aku lakukan? Aku sudah tidak kuat untuk menahan beban ini semua. Apakah Engkau mendengarku, ya Tuhan ku?" serta air mata yang tiada hentinya membasahi pipiku. Aku pernah sempat bertanya pada diri sendiri, mengapa hidupku tidak seperti orang lain? Mengapa hidup ku tidak adil? Namun ku salah dan menyesal menanyakan hal tersebut. Tiap hari nya ku meminta padaNya untuk meringankan beban hidup ku, namun yang terjadi hanyalah beban semakin bertambah. Ada waktu dimana aku benar-benar putus asa dan tidak tau lagi harus berbuat apa. Dan disitulah, Tuhan ku, Allah Swt., memberikan kehendak dan keajaibanNya yang dimana manusia pun tidak bisa melakukannya. Tuhan ku itu ada. Allah itu bener ada. Allah selalu mendengar doa ku. Allah menjawab sesuatu yang justru kita tidak harapkan, namun itu baik untuk kita kedepannya. Aku bersyukur menyembah kepadaNya sebab aku hanyalah manusia lemah yang tidak bisa berbuat apa-apa tanpaNya. Dan hanya Dia lah pelindung ku selama aku merantau disini sendiri.

Jena, Germany
03 Desember 2017
02:40 AM

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kecewa

Sebuah Perjalanan

Be You.