Sebuah Perjalanan

Aku mungkin merasakaan sesuatu yang berbeda dengan teman teman ku.
Bukan  merasa spesial, tetapi memang aku berbeda.
Berbeda dalam artian jalan ku untuk menempuh hidup tidak seperti orang lain.
Jalan ku untuk mendapatkan gelar tidak semulus orang lain.

4 tahun kuliah? Buat mereka iya, namun tidak untuk ku.

Selama hampir 22 tahun hidup, aku merasakan jatuh terus dalam hidup ku.
Dari SMA, hingga detik ini.
7 tahun yang lalu, 2012, aku gagal masuk SMA Negeri favorit di Tangerang Selatan dan berakhir di SMA swasta.
3 tahun yang lalu, 2016, aku nyaris gagal untuk pergi ke Jerman bareng angkatan karena gagal di nilai Fisika, dimana Fisika adalah mata kuliah wajib dan syarat untuk pergi ke Jerman. Alhamdulillah aku berhasil memperbaiki nya dan berangkat ke Jerman di tahun 2017.

Apa di Jerman aku berhasil? Tidak.

Di Jerman aku mengalami kegagalan terbesar dalam hidup ku. Pertemanan, studi, semua hancur karena sikap kekanak-kanakan ku. IPK hancur, kehidupan ku hampir hancur, aku hampir gila. Bahkan saat ujian pun, aku gagal 3x di satu mata kuliah yang berakhir double degree atau gelar Internasional (B.Sc) ku pun dicabut.

Bagaimana kondisi ku saat itu? Aku hancur dan ingin menghilang.
Keberadaan ku di bumi tidak berguna dan tidak diinginkan.
Aku mengurung diri selama seminggu lebih dan akhirnya aku berusaha untuk bangkit lagi.

Mudah? Tidak sama sekali.

Beberapa orang menyemangati ku namun energi tersebut tidak terkonveksi sampai ke diri ku.

Lalu, aku pergi keluar rumah. Melihat orang orang di luar dan berpikir,
"sampai kapan mau gini terus?"
Aku mendorong diriku sekuat tenaga untuk kembali bangkit.
Belajar.
Belajar.
Belajar.
Bahkan saat sakit pun, saat dimana aku merasa mual dan akhirnya muntah, leher terasa tercekik, melihat pandangan di depan pun berbayang, rasa pusing yang tidak tertahan, aku harus tetap belajar.

Tidak ada kata henti untuk meraih gelar.

Tidak ada kata henti untuk membuktikan ke dunia bahwa aku bisa.

Aku kuat.

Aku hebat.

Ayya, bisa, ayya kuat, ayya hebat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menjadi Nyata

Kecewa