Aufwiedersehen

Apa yang ada dibenak kalian ketika mendengar kata 'pergi' dan 'meninggalkan'?

Buat gue, gue gak suka pergi. Bukan gak suka jalan jalan, tapi gue lebih gak suka ninggalin sesuatu dimana gue sayang banget sama sesuatu itu. Sounds sugarcoating sih emang. Iya, sugarcoating, soalnya gue suka ngeluh gue pengen cepet cepet pergi dari tempat ini.

Back then in September 2017, segirang itu gue bakalan ninggalin Indonesia. Frankly speaking, iya, gue kepengen banget rasanya tinggal sendirian. Hidup sendirian. Without rules on me, tanpa orang orang yang ngelarang gue buat ini itu. Bahkan di bandara aja gue udah deg degan girang gitu mau pergi. Emang dasarnya, gue masih mikir kalau ke Jerman gue buat jalan jalan despite kewajiban gue buat kuliah dan magang.

Dan semua problematika pun dimulai saat itu juga, saat gue check in bahkan.

Koper gue overweight. Gue bolak balik nelfon mama di luar yang nunggu di pintu dan ngeluh kalau koper gue overweight. Disitu papap udah bete, udah marah banget karena temen temen gue udah berhasil check in bahkan ada yang abis check in keluar lagi meanwhile gue sibuk ngeluarin barang karena overweight. Like literally gue nangis disitu. Gak nangis yang banjir banget, tapi pas gue ngeluarin barang dari koper dan mau ngasih ke mama, mata gue berkaca kaca. Semua orang ngeliatin gue.

Skip. Dan akhirnya koper gue lolos dari yang 34kg jadi 30kg. Gue lupa ngeluarin aja apa sampe segitu banyak ngurangnya.

Right after gue sampe Jerman, gue masih gak nyangka kalau gue di 'Luar Negeri'. Gue di Jerman, man. Pikiran gue masih sebatas "gue disini bakal bahagia, bakal banyak main, bakal banyak jalan jalan."

Dan tau apa yang terjadi? Allah gak suka sama pemikiran gue yang kayak gitu dan akhirnya, Dia ngasih banyak 'guncangan' ke gue.

Dari yang gue homesick terus, gak betah sama lingkungan sekitar, selek ini-itu, hampir tiap malem nangis, self esteem gue drop banget, gue insecure an terus, alam bawah gue stress dan bikin asam lambung gue kambuh, gue sempet dibawa ke UGD sini juga gara gara jam 3 pagi gue muntah muntah. Itu beberapa hari sebelum UAS. Gue gak tau itu gue stress, keracunan, atau emang lagi gak fit aja. Most people said that I was stressed out. Gue jadi gampang ovethinking juga disini. Pokoknya I changed a lot. Oh iya, bahkan yang bikin stress nya lagi, hp gue sempet rusak 2x dimana gue ngabisin 100 euro lebih buat service. And there was some miracle, hp gue tiba tiba nyala sendiri setelah gue taro didiemin di laci selama 3 minggu.

Gue sadar sih apapun yang terjadi sama hidup gue ini pasti ada makna nya. Gue tau kehidupan gue tuh kayak UAS aja, dimana gue harus ngejalanin itu demi bisa lolos ke tahap selanjutnya. Dan semakin gue dewasa, tahap gue makin tinggi dan ujian yang harus gue alamin makin banyak dan bisa tergolong berat juga. Gue ngeluh, gue capek, gue selalu bertanya tanya "kenapa gue begini banget sedangkan orang lain bahagia bahagia aja?"

Allah sayang sama gue. Allah pengen liat gue tumbuh. Allah pengen gue bisa jadi individu yang kuat. Allah pengen gue jadi gak manja lagi. Sesayang itu Allah sama gue.

Few months passed, gak berasa bentar lagi gue balik ke Indonesia. Bohong sih kalau gue bilang gue pengen tinggal lebih lama disini karena kenyataan nya, gue pengen balik. So bad. Gue pengen ngebuktiin kalau Jerman ngajarin gue semua nya. Gak dari sisi akademis doang, tapi attitude gue juga. Karena orang se-pintar apapun tapi kalau attitude 0, gak bakal di respect juga, kan?

Post ini bakalan jadi post terakhir gue di Jerman. So,

Terima kasih dan selamat tinggal, Jerman. Semoga kita bisa bertemu lagi di lain kesempatan.

See you in Indonesia, Firlita Alayya Adzani.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kecewa

Sebuah Perjalanan

Be You.