Akhirnya

Wah, terakhir gue nulis kapan ya? Oktober 2018 kemarin dan sekarang udah Januari 2019 aja? Waktu secepat itu jalan nya sampe kadang gue gemeteran sendiri karena makin deket skripsian, makin deket sidang, makin deket gue nyelesain S1 ini. Kadang gue juga gak nyadar kalau tahun ini gue 22 tahun, bukan 20 lagi, bukan 17 lagi, intinya bukan anak anak. Kalau gue ngaca pun gue masih ngerasa bocah banget, apalagi dari sifat gue. Dan proses pendewasaan diri itu benar adanya.

Well, I barely passed my 7th semester. At least I reached GPA of 3 although the point behind 3 is so small. Thank God, I passed that hell.

Semester 7 gue kemarin banyak banget drama. Dari yang sedih banget sampe bikin gue ngedown berhari-hari, sampe yang bikin bahagia berhari-hari. Di awal semester, gue nanya sama diri gue sendiri, "Will I survive?" dan jawabannya "yes." Gue bisa ngelewatin itu semua. Selama 3 bulan di semester 7 kemarin, gue bener bener kayak robot. Gak bisa napas karena tugas gak berenti ngalir. Kalau kata pepatah mah mati satu tumbuh seribu, dan bener aja. Kelar 1 quiz, tiba tiba ada tugas lain. Ditambah gue mulai nyusun proposal dan itu hal yang bikin gue selalu down tiap hari nya.

Proposal skripsi gue gak selancar anak anak di luar sana. Ada yang dapet pencerahan dari dosen pembimbingnya; misal ngerjain project si dosen, atau ada yang dapet pencerahan judul si proposal nya itu sendiri. Gue? Jatuh bangun nyari judul si proposal. Bolak balik ditolak, ngerasa diintimidasi, bener bener gak ada harapan buat skripsian tahun ini. Bahkan gue sempet dibilang gue mesti ngulang kuliah lagi karena gak ada materi kuliah yang bener bener kuasain. Well, that's the shit truth.

So, I told myself to stand up. Gue gak bisa terus terusan terpuruk kayak gini. Misi gue di 2019 adalah gue harus wisuda. Gue harus pake toga sambil megang ijazah. That's what I've been dreamed of since the 7th semester started. Gue kepengen banget ngebahagiain orang orang terserayang disekitar gue, dan ngebuktiin ke mereka kalau gue mampu kuliah dijurusan ini walaupun bener bener my life sucks here. But at least, I can graduate. Karena lulus berarti gue bisa mencapai dan menyelesaikan studi gue dijurusan ini, kan? Sounds easy, but actually not. Gue bakal challenge diri gue terus walaupun orang orang nge-underestimate kalau gue gak bakal mampu ngerjain ini semua.

No, gue mampu. Gue bisa ngerjain ini semua walaupun harus ngeluh berkali kali, tapi gue bakalan bangkit lagi. See you in September, gue bakalan pamer toga gue.

#2019Wisuda! #2019Bertoga!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kecewa

Sebuah Perjalanan

Be You.